Waduuuhhh…. Peminat PPK PSU Pilgub Jambi Minim

Penulis : Tim Liputan || Editor : Dodik

Komisioner KPU Batanghari, Harapan Nami
Komisioner KPU Batanghari, Harapan Nami

INFOJAMBI.COM – Pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Jambi sepi peminat. Calon yang mendaftar yang masih minim.

Mengatasi masalah ini, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batanghari bakal jemput bola.

Pendaftaran yang sudah berakhir terpaksa diperpanjang, diantaranya untuk Kecamatan Bajubang dan Marosebu Ulu.

“Rekrutmen badan Ad Hoc, terutama PPK, dimulai kemarin. Pendaftaran sudah berakhir, tapi masih banyak kekurangan, terutama untuk Bajubang dan Marosebo Ulu,” kata Komisioner KPU Batanghari, Harapan Nami.

Menurut Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM ini, jumlah pendaftar PPK sampai Kamis 15 APril 2021 cuma 13 orang dari empat kecamatan.

“KPU butuh PPK minimal 10 orang untuk satu kecamatan. Bajubang baru satu pendaftar, Mersam tiga, Marosebo Ulu satu, dan Muarabulian delapan orang,” rinci Harapan Nami.

Menyiasati kekurangan pendaftar PPK, KPU Batanghari memperpanjang pendaftaran, 18 sampai 20 April 2021. Dalam perpanjangan itu KPU berupaya jemput bola.

Kurangnya informasi menjadi salah satu pemicu minimnya jumlah pendaftar. Kemungkinan besar masyarakat banyak tidak tahu ada PSU Pilgub Jambi.

Selain minim informasi, bulan puasa juga menjadi faktor. Peminat PPK enggan mengurus item administrasi pendaftaran lantaran sedang berpuasa.

“Mungkin mereka malas mengurus administrasinya, sehingga tidak mendaftar. Jauhnya daerah, seperti Mersam, Marosebo Ulu dan Bajubang, membutuhkan biaya dan tenaga untuk sampai ke kantor KPU,” jelas Harapan Nami.

Apabila masa perpanjangan pendaftaran PKK masih kurang peminat, sesuai mekanisme dan juknis, KPU Batanghari akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batanghari.

“Cukup minta rekomendasi Dinas PDK, lembaga pendidikan juga boleh, organisasi boleh. Itu nanti yang akan kita coba kerjasama. Seperti yang pernah dilakukan sebelumnya, untuk memudahkan,” ucapnya.

Masa kerja PPK PSU Pilgub Jambi cuma satu bulan. Ini pula bisa menjadi faktor masyarakat kurang berminat mendaftar.

Sementara itu, rentetan administrasi pendaftaran lumayan banyak. KPU Batanghari telah membuka rekrutmen badan penyelenggara Ad Hoc PPK pada tanggal 12 hingga 15 April 2021.

Sebelumnya, Komisioner KPU Batanghari, Edison menjelaskan, perekrutan untuk PSU Pilgub Jambi bukan hanya PPK, tapi juga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Perekrutan PKK dilakukan di tiga kecamatan, yakni Sungai Bahar, Sungai Gelam dan Jambi Luar Kota (Jaluko).

“Untuk tiga kecamatan itu ada 15 orang,” ujar Edison.

Edison menyebutkan, meski PPK dan KPPS tengah melakukan perekrutan, untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) masih dilakukan verifikasi ulang. ***

Kategori Politik

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.