Wagub H Fachrori Umar: Kedatangan Wantimpres Terkait Kondisi Jambi

INFOJAMBI.COM – Kehadiran sembilan orang anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), selama tiga terkait kondisi keamanan di Jambi, tegas Wagub Jambi – H.Fachrori Umar, saat menjamu rombongan Wantimpres, dipimpin Letjen TNI (Purn) M.Yusuf Kartanegara, di rumah dinas Gubernur, Selasa (19/9) malam.

“Kedatangan Wantimpres memberikan wawasan kemampuan strategis terhadap pertahanan non militer di Provinsi Jambi,” ungkap Wagub.

Wagub mengatakan, ancaman non militer yang terjadi saat ini, seperti aksi terorisme, bencana alam, pelanggaran terhadap perbatasan negara, saparatisme, infiltrasi budaya, narkoba, cyber, penyebaran penyakit. Pemerintah daerah pun ikut memaksimalkan peran untuk menggagalkan segala yang dapat mengganggu keutuhan NKRI.

Sementara Letjen TNI (Purn) M. Yusuf Kartanegara, secara umum menilai, wilayah Jambi merupakan Provinsi dengan situasi keamanan tergolong kondusif.

“Secara umum sudah memenuhi target, artinya dipermukaan sudah membaik,” ungkap Yusuf Kartanegara.

Ancaman non militer itu, kata Yusuf Kartanegara, dianggap sesuatu yang luar biasa dan dapat menghancurkan negara secara ideologi, politik, ekonomi yang semuanya bisa masuk tanpa disadari.

“Cara berpikir, kita akan dihasut juga dipecahbelah dan ini dahsyat sekali untuk menghancurkan negara,” tegas Yusuf Kartanegara.

Tentu terjalinnya koordinasi antara Pemda dengan aparat TNI, Polri, Kejaksaan guna menciptakan kondisi dan situasi keamanan yang kondusif, menjadikan Provinsi Jambi sebagai sample daerah lain, diantaranya Sulawesi Tengah dan Bali yang dijadikan lokasi pengamatan Wantimpres terhadap kondisi daerah, menghadapi dan mengatasi ancaman non militer yang dapat mengancam keutuhan dan pertahanan negara.

Bagi Letjen TNI (Purn) M. Yusuf Kartanegara, tak asing lagi dengan daerah Jambi, 44 tahun silam dia pernah bertugas di Jambi, menjadi Wadan Batalion 142/Ksatria Jaya.

Turut hadir di acara jamuan makan malam itu , Dandrem 042/Gapu Kol Inf. Refrizal, Pj.Sekda Provinsi Jambi H. Erwan Malik, serta pejabat lingkup Pemprov Jambi. ( Raihan – Humasprov ).

 

Kategori Provinsi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.