Wagub Harap Bintara Polisi Baru Amanah

ADVERTORIAL

INFOJAMBI.COM – Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr Drs H Fachrori Umar, M.Hum mengharapkan bintara polisi yang baru dilantik, dalam melaksanakan tugas di lapangan bersikap jujur adil dan amanah.

Harapan itu disampaikan Wagub saat menghadiri penutupan pendidikan pembentukan dan pelantikan serta pengambilan sumpah siswa Bintara Polri 2017/2018 Angkatan XVI, di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jambi, Sebapo, Muaro Jambi, Selasa (6/3/2018).

Wagub mengungkapkan, dalam melaksanakan tugas nanti, sesuai ajaran agama diharuskan jujur, adil dan amanah. Ada empat pelajaran yang bisa diamalkan.

Siddiq, artinya jujur dan sangat baik dalam pekerjaan maupun perkataan. Amanah, artinya dapat dipercaya. Tabligh, artinya menyampaikan sesuatu dengan baik. Fathonah artinya harus cerdas.

“Semua ini harus dipelajari dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, insya Allah kita aman,” kata Fachrori.

Wagub menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo, bahwa untuk meningkatkan pendidikan dan cara berpikir harus lebih baik lagi serta memperbanyak membaca, baik pelajaran maupun kitab suci.

Sementara itu, Kapolda Jambi, Brigjen Pol Drs Muchlis AS MH bertindak sebagai inspektur upacara. Kapolda membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs HM Tito Karnavian MA Ph.D.

Kapolri menyatakan, lembaga pendidikan Polri adalah tempat para peserta didik dididik, ditempa dan dilatih guna menjadi insan Tribrata yang profesional, modern dan terpercaya.

Untuk itu, maknai anugerah dan karunia Tuhan yang Maha Kuasa dengan penuh rasa syukur, disertai niat kesungguhan dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang telah ditetapkan lembaga.

Harus dipahami bahwa perkembangan tantangan tugas Polri kedepan akan semakin berat. Era globalisasi yang terjadi dengan cepat telah memunculkan berbagai dinamika kejahatan berdimensi baru, diiringi potensi terjadinya gangguan kamtibmas pada berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Realitas tantangan tugas kedepan harus mampu diatasi oleh institusi Polri, agar stabilitas keamanan dalam negeri dapat tetap terjaga. Polri harus didukung sumber daya manusia profesional, berintegritas dan mampu menguasai bidang tugasnya.

“Salah satu upaya Polri dalam mewujudkan SDM Polri berkualitas adalah melalui penyelenggaraan diktuk (pendidikan dan pembentukan) Bintara Polri. Selama kurang lebih tujuh bulan sudah dilalui sebenarnya belum cukup, perlu adanya pengembangan diri,” pesan Kapolri.

Kapolda Jambi menekankan agar Bintara Pori yang baru dilantik menjadi polisi yang profesional sesuai program Polri yaitu promoter. “Kedepannya banyak agenda nasional yang perlu kita kawal bersama yaitu Pilkada, Pemilihan Legislatif dan Pilpres. Polri harus mampu memberikan rasa aman bagi masyarakat dan melayani masyarakat tampa pamrih dan mampu mempertangunggung jawabkan semua tindakannya kepada masyarakat atau rakyat,” ungkap Kapolda.

Kapolda menyatakan, hari ini semua peserta pendidikan pembentukan Bintara Polisi Polda Jambi sebanyak 159 orang yang dikukuhkan.

Turut hadir forkompinda Provinsi Jambi, Bupati Batanghari Syahirsah, Pjs Walikota Jambi M Fauzi, para OPD Provinsi Jambi, Pejabat Utama Polda Jambi dan para orang tua serta keluarga Bintara Polri yang dilantik. (Sapra Wintani/Roni)

 

Kategori Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.