Wagub Himbau Wisudawan/Wati Tingkatkan Kompetensi

KOTAJAMBI — Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H Fachrori Umar menghimbau para wisudawan dan wisudawati Universitas Batanghari (Unbari) Jambi terus meningkatkan kompetensi, dengan berinovasi, kreatif dan inovatif, terutama menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).

Himbauan tersebut disampaikan Wagub saat menghadiri Rapat Terbuka Universitas Batanghari Jambi, dalam rangka Wisuda Sarjana ke-41 Tahun Akademik 2016/2017, di Abadi Convention Center (ACC), Selasa (23/5).

Tema wisuda adalah “Melalui Wisuda Sarjana Universitas Batanghari ke-41, Kita Tingkatkan Kemampuan Lulusan yang Enterpreneurship, Kreatif, dan Inovatif”.

Wagub mengatakan, tantangan yang dihadapi kedepan semakin berat dan membutuhkan SDM handal dan profesional, apalagi dengan berlakunya pasar bebas Asia Tenggara atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Tantangan ini perlu menjadi perhatian bagi Unbari untuk meningkatkan kualitas kelulusan yang sudah seharusnya memacu, tidak hanya untuk kepentingan daerah semata, melainkan juga nasional dan internasional,” ujar Wagub.

Pendidikan tinggi nasional pada hakekatnya membentuk sistem pendidikan tinggi yang sehat dan bermutu, menghasilkan insan bertaqwa, cerdas dan terampil. Pendidikan tinggi nasional Indonesia harus bermutu dan relevan dengan kebutuhan pembangunan nasional, serta berkontribusi nyata pada peningkatan daya saing bangsa.

Wagub menerangkan, wisuda merupakan momentum sangat penting dalam kehidupan pendidikan, lebih-lebih di perguruan tinggi. Wisuda juga merupakan momentum sangat bermakna bagi lulusan peserta wisuda.

“Momentum itu harus diartikan sebagai akhir tugas dan tanggung jawab mengantar secara formal mahasiswa menjadi lulusan, sebagai insan berilmu dan berakhlak mulia, serta siap meniti profesi dan karir dengan andalan ilmu sesuai bidang keahlian,” tutur Wagub.

Wagub berpesan pada para wisudawan/wisudawati agar menguasai teori dan terus menggali pengalaman melalui praktek kehidupan sehari-hari. Proses wisuda bukan akhir perjalanan, tapi permulaan kehidupan yang sebenarnya.

Rektor Unbari, H Fachruddin Rozi SH MH menyampaikan, untuk meningkatkan daya saing lulusan menghadapi era globalisasi, tahun ini Unbari melakukan pengembangan kurikulum pada semua program studi, sesuai Permenristekdikti nomor 44 Tahun 2015 pasal 1.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi.

Pada wisuda kali ini, Unbari mewisuda 546 orang lulusan dari 5 Fakultas, terdiri lulusan S2 sebanyak 56 orang, S1 sebanyak 488 orang dan D3 sebanyak 2 orang.

Pada jenjang S2 terdiri dari lulusan Magister Ilmu Hukum 47 orang dan Magister Manajemen 9 orang. Pada jenjang S1 terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 119 orang, Fakultas Ekonomi 182 orang, Fakultas Hukum 134 orang, Fakultas Teknik 22 orang, Fakultas Pertanian 31 orang, D3 sebanyak 2 orang dari Program Studi Teknik Listrik. (infojambi.com)

Penulis : Sapra Wintani

 

Kategori Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.