Wagub : Mesjid Unsur Penting Bagi Umat Islam

Wagub pada acara Sosialisasi Manajemen Pengelolaan Mesjid dan Penataan Akustik (sound system) Mesjid || foto : mulyadi

KOTAJAMBI — Wakil Gubernur Jambi l, Fachrori Umar, menyampaikan bahwa mesjid merupakan salah satu unsur penting dalam struktur masyarakat Islam. Selain tempat beribadah, juga untuk tempat orang menikah dan musyawarah.

Hal ini disampaikan Wagub pada Sosialisasi Manajemen Pengelolaan Mesjid dan Penataan Akustik (sound system) Mesjid, di Mesjid Agung Al-Falah, Kota Jambi, Selasa (21/2).

Wagub mengapresiasi dan berterima kasih terlaksananya kegiatan ini. Dia berharap bisa berkelanjutan, untuk meningkatkan kualitas tenaga teknis bagi pengurus mesjid di Provinsi Jambi.

Wagub ingin dengan kegiatan sosialisasi manajemen pengelolaan mesjid dan penataan akustik, pengurus mesjid dapat bekerja optimal, demi kemaslahatan umat.

“Untuk mengoptimalkan fungsi mesjid, manajemen pengelolaan mesjid harus berjalan baik dan sarana prasarananya ditata baik,” ujar Wagub.

Wagub berpesan, untuk memakmurkan mesjid, minimal satu kali seumur hidup masuk dan sholat di Mesjid Agung Al-Falah. Dia menghimbau seluruh mesjid di Jambi ditinjau dan dilihat oleh Pengurus Wilayah Dewan Mesjid Provinsi Jambi.

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, M Thahir, menyampaikan, mesjid merupakan spirit umat Islam. Ada tiga unsur penting fungsi mesjid, yaitu manajemen mesjid yang berorientasi pada administrasi keuangan mesjid, memakmurkan mesjid merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan seperti pengajian Kitab Kuning dan penilaian mesjid berupa pendidikan, sarana dan prasarana, kebersihan, keindahan dan perpustakaan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Pimpinan Pusat Dewan Mesjid diwakili Departemen Dakwah, Perwakilan Bank Indonesia, narasumber dari Jakarta dan undangan lainnya.

Ketua Pengurus Wilayah Dewan Mesjid Indonesia Provinsi Jambi, Haviz Husaini, mengatakan, kegiatan ini sudah lama direncanakan, bekerjasama dengan PT TOA Jakarta dan Bank Indonesia (BI). Tujuannya untuk meningkatkan program kesejahteraan sosial bagi pengurus mesjid.

Kegiatan ini dimulai sejak 2013 dan ini merupakan angkatan 11. Materi dari kegiatan berupa dasar akustik, perakitan amplifier mini dan operasional mobil untuk dewan mesjid, agar sound system mesjid dapat sesuai dengan tema sosialisasi “memakmurkan dan dimakmurkan mesjid”. (infojambi.com/DD)

Laporan : Yudi Pramono / Richi

 

Kategori Agama

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.