Wagub : Pelantikan Pejabat Harus Tingkatkan Kinerja OPD

KOTAJAMBI – Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menekankan bahwa pelantikan pejabat harus meningkatkan kinerja Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), yang selanjutnya terakumulasi pada peningkatan kinerja Pemerintah Provinsi Jambi. Hal itu ditegaskan oleh Wagub dalam Pelantikan Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas (Eselon III dan Eselon IV) di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, bertempat di lapangan dalam Kantor Gubernur Jambi, Sabtu (25/3) siang.

Wagub mengharapkan supaya kinerja dari organisasi perangkat daerah akan semakin meningkat terlihat seiring dengan pelantikan tersebut.” Keberadaan pejabat yang dilantik ini harus bermanfaat bagi organisasi perangkat daerah maupun bagi masyarakat luas, jangan hanya sebagai pelengkap dan tidak memiliki makna yang berarti bagi unit kerjanya,” ungkap Wagub.

Wagub menyampaikan kepada pejabat yang dilantik untuk menghayati dan harus berkomitmen serta bertanggungjawab moral terhadap konsekuensi dari pengangkatan dan mengingatkan kembali bahwa sumpah dan janji yang diucapkan, menjadi rambu-rambi terhadap semua tindakan dalam melaksanakan tugas fungsi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Saudara-saudara yang baru saja dilantik, harus bersikap pro aktif dan tidak malu atau merasa sungkan untuk bertanya kepada yang lebih mengetahui, tersimpan harapan yang besar dipundak saudara-saudara, untuk mewarnai pembangunan Provinsi Jambi menuju Jambi TUNTAS”, ujar Wagub.


“Pelantikan ini merupakan jawaban dari sekian banyaknya persepsi yang muncul belakangan ini, terlebih dalam menghadapi fenomena dan perubahan aturan birokrasi menuju arah yang lebih baik”, ucap Wagub.

Wagub mengingatkan para pejabat yang telah dilantik untuk tidak terlena dengan jabatan baru, karena akan terus dipantau dan dievaluasi kinerjanya. “Semangat kerja yang tinggi dan penuh keikhlasan harus ditunjukkan, laksanakan tugas dan fungsi dengan baik serta tunjukkan prestasi kerja yang baik<” tambah Wagub.

Lebih lanjut, Wagub menyampaikan bahwa banyak hal yang perlu pertimbangan dan pemahaman secara baik terhadap aturan dan ketentuan yang berlaku, tapi disisi lain menginginkan percepatan proses pembenahan struktur organisasi perangkat daerah dan mendudukkan ASN dalam suatu jabatan.

“Pejabat yang dilantik ini merupakan pembantu Gubernur dan Wakil Gubernur dalam melaksanakan tugas, dan menjadi abdi negara maupun abdi masyarakat, serta sebagai fasiltator pembangunan untuk Provinsi Jambi yang terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat”, sambung Wagub.

Penjabat Sekretaris Daerah ( Pj. Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.Erwan Malik, MM mengatakan, pejabat yang dilantik hari berjumlah 636 orang dengan rincian 178 orang Pejabat Eselon III dan 458 orang Eselon IV, dari 38 OPD, namun, dari 636 orang tersebut, 14 orang tida hadir, jadi 622 orang yang mengikuti pelantikan.

“Pejabat yang tidak hadir karena tidak ada keterangan akan dilakukan evaluasi ulang, sedangkan jika yang bersangkutan tidak hadir dikarenakan sakit atau menjalankan ibadah umroh, akan segera dilantik”, tutur Sekda. (INFOJAMBI.COM)

Penulis : Richi || Photografer : Mulyadi

 

Kategori Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.