Wagub : Pendidikan Agama Bagian dari Revolusi Mental

Wagub Jambi, H Fachrori Umar

MUARABUNGO — Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, DR. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum mengungkapkan, pendidikan keagamaan merupakan salah satu bagian dari revolusi mental, yang saat ini selalu ditekankan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini disampaikan Wagub dalam Khotmil Qur’an Madarasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTS), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Wisuda Raudhatul Athfal (RA) Pondok Pesantren Miftahul Huda, bertempat di Mesjid Jami’ At Taqwa Desa Purwasari Kuamang Kuning Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo, Sabtu (20/05/2017) siang.

Wagub mengatakan, melalui pendidikan agama, revolusi mental dapat tercipta dengan baik terutama dalam perkembangan mental generasi muda. Pondok pesantren merupakan salah satu tempat untuk mempelajari pendidikan agama, khususnya generasi muda yang ingin mempelajari agama lebih dalam lagi.

“Harus ada dukungan yang penuh dari orang tua untuk membimbing anaknya dalam hal pendidikan agama ini, karena pendidikan agama sangat penting dan sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai orangtua. Pendidikan agama bisa kita peroleh melalui pondok pesantren ini,” tutur Wagub.

Wagub menyampaikan, prestasi yang diperoleh pondok pesantren tidak kalah dengan sekolah-sekolah umum lainnya. Kualitas suatu sekolah dapat dilihat dari kualitas guru-guru yang mengajar dan pengurus yayasan yang selalu memperhatikan guru-guru dan anak muridnya.

“Saya menghimbau seluruh masyarakat di sini untuk menyekolahkan anaknya di pondok pesantren ini, untuk memajukan pondok pesantren kita sendiri. Cukup sekolah di sini saja, jika kualitas pondok pesantren kebanggaan kita ini memiliki kualitas yang tidak kalah dengan pondok pesantren di luar sana,” ujar Wagub.

Lebih lanjut, Wagub menekankan kepada masyarakat untuk terus dan terus belajar, khususnya dalam bidang keagamaan karena belajar itu sangat penting. “Dan tidak ada batasan usia untuk belajar, jangan malu untuk terus belajar walaupun usia tidak muda lagi, seperti kata pepatah, tuntutlah ilmu dari ayunan sampai ke liang lahat,” ungkap Wagub.

Wakil Bupati Bungo, H.Safrudin Dwi Apriyanto,S.Pd mengatakan, investasi pendidikan sangat penting dan harus dilakukan oleh seluruh orangtua kepada anak-anaknya, karena suatu bangsa akan maju, manakala pendidikannya maju. “Saya tekankan kepada orangtua untuk menginvestasikan anaknya dalam pendidikan, khususnya pendidikan agama,” kata Safrudin.

“Saya sangat mengharapkan seluruh orangtua, mari kita sama-sama memikirkan pendidikan untuk anak-anak kita terutama pendidikan keagamaan,” ujar Safrudin.

Safrudin menyampaikan, membangun kualitas keagamaan merupakan aspek yang sangat penting dalam mendukung pembangunan pemerintah, baik itu Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota. Kecamatan harus mendukung secara penuh kegiatan-kegiatan keagamaan karena akan memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan mental generasi muda.

“Saya menghimbau kembali kepada seluruh orangtua untuk membekali anak-anak kita dengan pendidikan agama, karena akan sangat rugi sekali jika anak anak kita nantinya tidak bisa membaca Al-Qur’an dan tidak bisa membaca doa,” pungkas Safrudin. [infojambi.com]

Penulis : Richi || Photografer : Mulyadi

 

Kategori Provinsi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.