Waisak Momentum Hilangkan Sekat Perbedaan dan Teguhkan Moderasi

Laporan: BS || Editor: Rahmad

Perayaan Waisak 2021. (BS)

INFOJAMBI.COM – Perayaan Waisak 2021 bertema ‘Bangkit Bersatu untuk Indonesia Maju’ digelar sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai edaran Menteri Agama RI No. SE 11 Tahun 2021.

“Melalui momentum ini, kita tumbuhkan komitmen bersama untuk menghilangkan sekat perbedaan dengan meneguhkan moderasi beragama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ungkap Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama, Caliadi di Jakarta, Rabu kemarin (26/5/2021).

Senada dengan hal tersebut, Bhikkhu Sri Pannyavaro Mahathera mengatakan, melalui perayaan Waisak, umat Buddha diingatkan untuk menjalin kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat dengan dilandasi Metta (cinta kasih).

“Semangat merayakan Waisak mengingatkan kita untuk menjalin kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat. Metta (cinta kasih) sebagai landasan bagi kita untuk membangun solidaritas dalam menyelesaikan problem-problem kemanusiaan dan membangun kemakmuran,” tuturnya.

Pesan senada disampaikan Bhikkhu Khemacaro Mahathera. Bhikkhu mengajak umat Buddha untuk mengembangkan perasaan cinta kasih kepada semua makhluk dalam ranah hidup berke-Bhinneka-an.

“Tri Suci Waisak, meneladani hidup Sang Buddha, hidup dalam ke-Bhinneka-an hendaknya mengembangkan perasaan cinta kasih yang tidak terbatas kepada semua makhluk,” ungkapnya.

Sejalan dengan tema Waisak, Suhu Dutavira Mahastavira berharap umat Buddha terus membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan, dengan menggunakan hati lakukan kebajikan.

“Waisak membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan Indonesia Maju. Waisak gunakan hati lakukan kebajikan,” ujarnya seperti dikutip dari laman, Kemenag.go.id, Kamis (27/5/201).

Peringatan Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis juga digelar umat Buddha di Vihara Vipassana Kusalacitta Bekasi secara daring dan luring.

Kebaktian daring bisa disaksikan di facebook, Instagram, dan Youtube Vihara Vipassana Kusalacitta Bekasi.

Kebaktian dibagi menjadi beberapa sesi, yaitu: Pindapaata, Puja Bakti oleh Magabudhi Kota Bekasi.

Puja Bakti oleh Wandani Kota Bekasi, Puja Bakti oleh Patria Kota Bekasi, dan dilanjutkan Puja Bakti Detik-detik Waisak pada sore hari.

Kategori Agama

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.