Wako AJB : Kenduri Sko sebagai Tradisi dan Wadah Komunikasi Pembangunan

PENULIS : RHOMI EFENDI
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Walikota Sungai Penuh, H. Asafri Jaya Bakri (AJB), didamping Ketua TP. PKK, Hj. Emizola Asafri, S.Ag, M.Hum, menghadiri acara Kenduri Sko Desa Pendung Hiang Kecamatan Tanah Kampung, Sabtu (3/8/2019).

Kedatangan Walikota dua periode itu, disuguhi atraksi Pencak Silat dan pengalungan tari persembahan, serta disambut Depati Ninik Mamak, tokoh masyarakat, alim ulama, orang tua cerdik pandai, anak jantan anak betino beserta masyarakat. Turut hadir Camat Tanah Kampung dan Kepala Desa Lingkup Kecamatan Tanah Kampung.

Dalam sambutannya, Wako AJB mengungkapkan bahwa kenduri sko merupakan bagian dari adat Kota Sungai Penuh. Banyak makna yang terkandung dalam pelaksanaan Kenduri Sko, salah satunya adalah suatu bentuk rasa syukur kita kepada sang pencipta, atas rezeki yang telah diterima.

“Melalui Kenduri Sko ini, mengingatkan kita untuk bersyukur kepada Allah SWT, tidak hanya atas rezeki yang diterima tetapi juga keberkahanNya,” ujar Wako AJB.

Selain itu, menurut Wako AJB, Kenduri Sko yang sudah menjadi tradisi kehidupan masyarakat ini, juga merupakan suatu wadah komunikasi pembangunan yang sangat penting bagi semua. Pemerintah menerima informasi dan masukan dari masyarakat.

“Melalui komunikasi secara timbal balik antara pemerintah dengan masyarakat, kita bisa melakukan evaluasi apa yg sedang dan apa yang akan dilakukan untuk proses membangun masyarakat kota sungai penuh agar lebih baik lagi,” sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, Wako AJB, memberikan sumbangan pribadi sebesar 10 juta untuk pembangunan masjid Baiturrahmi Desa Pendung Hiang.***

Kategori Sungai Penuh

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.