Wapres JK Dukung Kerja Sama Tanjabtim – Lingga

Bupati Lingga Alias Wello (kiri), Wapres Jusuf Kalla (tengah), Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto (kanan)

INFOJAMBI.COM — Jum’at (10/11/2-17) pagi, di istana Wakil Presiden RI, jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Bupati Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi H Romi Hariyanto bersama Bupati Lingga Provinsi Kepulauan Riau H Alias Wello bertemu Wapres Jusuf Kala. Pertemuan ini atas inisiasi wapres terkait dukungannya terhadap kerjasama yang digagas kedua bupati beda provinsi itu.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Tanjabtim dan Kabupaten Lingga yang bertetangga, sepakat untuk saling bekerjasama dalam mempercepat laju pembangunan di kedua daerah. Tahap awal, kerjasama meliputi bidang kelautan dan perikanan, pertanian, perdagangan dan pariwisata. MoU kerjasama itu sendiri sudah diteken kedua bupati pada 21 Oktober 2017 lalu dalam paripurna khusus peringatan HUT Kabupaten Tanjabtim ke-18 di Muarasabak.

Rencananya, MoA sebagai tindaklanjut MoU tersebut akan ditandatangani Romi dan Wello pada HUT ke-14 Kabupaten Lingga di Daik tanggal 19 November ini. “Pak wapres menyatakan berkenan hadir. Kita harapkan niat baik bersama ini bisa segera direalisasikan dalam kegiatan bersama yang lebih kongkret,”kata bupati Romi usai pertemuan dengan wapres.

Foto bersama wapres JK dengan bupati lingga dan bupati Tanjabtim serta sejumlah tokoh masyarakat Kepulauan Riau.

Malah, kata Romi, wapres JK sangat mengapresiasi kerjasama tersebut. Terlebih kerjasama pengelolaan pulau Berhala yang sebelumnya disengketakan kedua daerah.

Tanjabtim dan Lingga sama – sama punya potensi besar di sektor perikanan, pertanian, perdagangan dan pariwisata. Selama ini, masyarakat di kedua wilayah sudah saling berhubungan erat terutama bidang perdagangan.

Melihat kemiripan itu, ditambah baiknya hubungan kekerabatan masyarakatnya selama ini, bupati Romi dan Wello lalu menggagas terbentuknya poros baru kekuatan ekonomi dan budaya khususnya di regional Sumatera.

Lagi pula, posisi kedua daerah yang mereka pimpin kebetulan sangat strategis karena merupakan penyangga Sibajo (Singapura – Batam – Johor). Kedua kabupaten ini berbatasan langsung dengan Laut China Selatan dan berada dalam jalur jelajah perdagangan internasional. (Willy Bronson – Jakarta)

 

Kategori Nasional

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.