Warga Aurduri Keluhkan Bau Busuk Limbah Tinja

PENULIS : RHOMI EFENDI
EDITOR : M ASRORI S

Limbah tinja penyebab bau busuk di Desa Aurduri Kota Sungai Penuh (Foto/Rhomi Efendi)

INFOJAMBI.COM – Warga Desa Aurduri, Kecamatan Pondok Tinggi, Kota Sungai Penuh, kembali mengeluh dengan adanya bau busuk yang keluar dari saluran limbah tinja, kotoran manusia.

Saluran limbah tinja terdapat di jalan umum persisnya di samping masjid Nurul Istiqomah tersebut, nyendat hingga limbah keluar dari box control dan membanjiri badan jalan serta mengeluarkan bau busuk.

Warga Desa Aurduri mengatakan, Cipto, kondisi ini sangat dikeluhkan warga. Menurutnya disamping mengeluarkan bau busuk dan membanjiri badan jalan juga berdampak pada kesehatan masyarakat yang tinggal dilingkungan sekitar. Apalagi terletak di tengah pemukiman warga di samping masjid yang setiap saat dikunjungi warga.

“Ya kondisi saluran tinja/kotoran WC tersumbat, sudah lama terabaikan. Bahkan masalah ini sudah diberitahukan kepada pihak terkait,” kata Cipto, Senin (1/7/2019).

Warga juga meminta kepada Pemkot Sungai Penuh untuk memerintahkan kepada dinas terkait, untuk mengatasi masalah pengelolaan sentralisasi limbah tinja yang ada di Desa Aurduri.

“Jaringan pipa di sebelah masjid Nurul Istiqomah itu tersumbat beberapa kali. Terakhir pada bulan puasa kemarin sudah dilaporkan ke Kades Aurduri dan Dinas PU Kota Sungai Penuh. Namun hasilnya sampai sekarang masih bermasalah,” sebutnya.

Cipto menyebutkan, akibat tersumbatnya saluran limbah tinja itu, hingga warga yang berada di titik terendah posisi jambannya, membuat rumah warga yang di atas kamar mandinya jadi penuh kotoran.

“Satu-satunya jalan, harus dibuatkan controlbox di bawah masjid Nurul Istiqomah, agar mudah mengontrol jika sewaktu-waktu terjadi penyumbatan,” pungkas Cipto.***

Kategori Kesehatan

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.