Warga Jangan Lagi Buang Sampah ke Sungai

Gubernur bersama Kadis PU Provinsi meninjau sampah

KOTAJAMBI – Warga dihimbau jangan lagi membuang sampah sembarangan, apalagi di daerah aliran air atau sungai, tegas Gubernur Jambi, H.Zumi Zola, didampingi Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi, Dody Irawan,ST,MT.

Penegasan itu disampaikan Zumi Zola, saat meninjau pengerukan aliran air Sungai Sembuku, Kelurahan Kasang, Kota Jambi yang dipenuhi sampah menuju sungai Batanghari, Minggu (14/5).

“Camat dan Lurah, juga sudah disampaikan untuk menghimbau masyarakat, agar tidak membuang sampah sembarangan. Jika banjir semua akan rugi,” tegas Zumi Zola.

Gerakan bersih-bersih sungai itu, pihak Pemprov Jambi mengerahkan satu unit eksavator dan tiga mobil angkut sampah untuk mengeruk sampah dari aliran sungai. Sementara Pemkot Jambi membantu empat unit mobil angkut sampah.

“Kita kerjasama jangan sampai sampah menumpuk, selain bau dan menebarkan penyakit, sampah bisa mempercepat terjadinya banjir,” jelas Zumi Zola.

Kini langkah antisipasi, dengan membuat jalur dan pintu air milik Badan Wilayah Sungai Sumatera (BWSS), untuk mengontrol sampah langsung masuk sungai sudah berfungsi dengan baik, ujar Zumi Zola menambahkan.

Pintu air di sungai Sembuku Kasang Kota Jambi itu, kata Zumi Zola, merupakan bentuk kerjasama dengan Pemkot Jambi, untuk mempercepat pengerukan sampah serta meninjau daerah rawan banjir akibat pendangkalan aliran air maupun anak sungai.

“Kita sepakat, sampah sudah menumpuk dan ambil tindakan, seperti kejadian di Kelurahan Payo Lebar, terjadi banjir karena sedimentasi yang 80 persen sampah, akhirnya air cepat naik dan banjir,” kata Zola. (infojambi.com)

Laporan : Raihan-Mustar ll Editor : M Asrori

Kategori Lensa

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.