Jumat, 24 November 2017 | 20:16

Warga Kampung 9 Ness Temukan Bunga Bangkai

MUARABULIAN – Warga Desa Kampung 9 Ness Kabupaten Batanghari dihebohkan dengan keberadaan Bunga Bangkai dengan nama Suweg.

Bunga dengan bahasa latin amorphophallus paeoniifolius ini merupakan tanaman langka dari kerabat bunga bangkai raksasa (amorphophallus titanum) dan iles-iles (amorphophallus muelleri).

Tanaman unik ini masuk ke dalam keluarga Araceae yang memiliki batang semu, sehingga menghasilkan umbi batang yang dapat diolah untuk dimakan.

Bunga ini yang juga mengeluarkan bau busuk ini ditemukan di pekarangan belakang rumah warga, tepatnya di bawah pohon pisang milik Wak Aris.

Puji Lestari Ningsih, warga Kampung 9 Ness, Desa Petajen, Bajubang, Batanghari tadi siang membenarkan keberadaan Bunga Bangkai di desanya tersebut. Bunga Bangkai tersebut ditemukan anak-anak waktu bermain di belakang rumah Wak Aris.

“Waktu anak anak main di belakang rumah Wak Aris nampak Bungo Bangkai tuh, waktu balek ke rumah anak sayo ngomong, di belakang rumah Wak Aris ado Bungo Bangkai. Sejak diunggah ke Facebook rame orang main ke sini untuk befoto,” kata Puji.

Bunga dengan jenis sama dengan ukuran lebih besar pernah tumbuh di rumah tetangga depan Wak Aris. (infojambi.com)

Laporan : Raden || Editor : Doddi Irawan




Kategori Wisata

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.