Warga Portal Jalan, Truk PT KBPC Seruduk Portal dan Mobil Wartawan…

LAPORAN : TIM LIPUTAN
INFOJAMBI.COM – Konflik antara warga Desa Tanjung Agung Muko – Muko Batin VII Kabupaten Bungo, dengan perusahaan tambang batubara milik PT Karya Bungo Pantai Ceria (KBPC) semakin memanas.

Kamis, 1 April 2021 puluhan warga yang menolak adanya kegiatan penambangan di Desa Tanjung Agung, melakukan aksi memportal jalan menuju PT. KBPC.

Masyarakat menilai PT. KBPC, secara sepihak melarang warga melewati jalan tersebut. Padahal jalan tersebut sebelum beroperasi perusahaan batubara milik orang kaya bungo, Syamsudin itu sudah dimanfaatkan warga membawa hasil perkebunan terutama buah sawit.

Pihak PT. KBPC yang melihat adanya aksi masyarakat tersebut, datang menggunakan truk tronton berwarna putih bertuliskan PT. KBPC bersama ratusan karyawannya.

Truk tersebut melaju, dengan sengaja menabrak portal yang dibangun warga. Puluhan masyarakat serta personil Polres Bungo yang berjaga dilokasi kejadian, berusaha menghindar dari jalan.

Melihat hal tersebut, warga dan ratusan karyawan PT. KBPC terlibat bentrok, hingga terjadi lempar-lemparan batu. Beberapa wartawan yang meliput lari menyelamatkan diri ke hutan sekitar lokasi

Bahkan personil yang sedang berjaga berupaya melerai, namun karena kalah jumlah pihak keamanan menghindar menyelamatkan diri.

Sementara sopir truk dengan PT. KBPC berusah kabur menyelamatkan diri, menabrak apa saja yang menghalanginya untuk meloloskan diri. Salah satunya menabrak mobil Budi Utomo, Kontributor Inews TV.

“Truknya mau kabur, ditumburnya body belakang mobil aku. Padahal mobil aku parkir di pinggir jalan,” ujar Budi Utomo saat menceritakan kronologi kejadian.

Menurut Budi, atas kejadian ini melapor ke Polres Bungo.” Ada kesengajaan sopir truk ini menabrak mobil saya. Apakah ini atas perintah bosnya atau bagaimana. Berharap polisi bisa mengusut kasus ini,” ujar Budi yang juga Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Tebo ini.

Bentrokan mulai mereda setelah Kapolres Bungo bersama Dandim 0416/Bute turun ke lokasi.

Kapolres Bungo Mokhamad Lutfi yang turun langsung ke lokasi kejadian bentrok, membenarkan adanya bentrokan antara warga dengan pihak PT KBPC. |||

Kategori Bungo

Tags: ,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.