Waspada Banjir, Dandim Tanjab Himbau Warga Segera Hubungi Babinsa

Penulis : Tim Liputan
Editor : DoRa

INFOJAMBI.COM — Mulai terlihat dampak dari tingginya intensitas hujan akhir-akhir ini. Beberapa sungai di Provinsi Jambi meluap, tak terkecuali di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Jabung Timur.

Untuk mengantisipasi banjir dan membantu masyarakat, Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf M Arry Yudistira terus melakukan koordinasi dan bekerjasama dengan berbagai instansi terkait


“Kodim berkoordinasi dan bekerjasama dengan BPBD serta institusi lain, selalu memonitor perkembangan curah hujan yang rutin dilaporkan pihak BMKG Jambi,” kata Arry.

Kodim 0419/Tanjab cepat mengambil langkah, diantaranya menyiapkan personil dan materil yang dibutuhkan terkait bencana banjir. Personel sebagai tenaga perbantuan evakuasi, sedangkan materil, seperti perahu karet.

“Kami menghimbau masyarakat agar bersama-sama membantu dengan menggunakan perahu yang dimiliki,” jelas Arry.

Kodim 0419/Tanjab selain memantau curah hujan dan kondisi lapangan, juga menyiapkan antisipasi dini dan menyiapkan titik-titik evakuasi. Penentuan lokasi Tempat Pengungsian Sementara (TPS) juga sudah dilakukan di masing-masing wilayah rawan banjir.

“TPS akan digunakan bila diperlukan. Saat ini beberapa desa juga sudah tanggap dengan bencana banjir. Kami berkoordinasi dengan PLN untuk mematikan listrik atau meninggikan travo agar tidak ada warga yang terkena sengatan listrik,” ujar Arry.

Dandim Tanjab menghimbau masyarakat agar segera menghubungi Babinsa apabila membutuhkan bantuan evakuasi, serta meningkatkan kewaspadaan. Waspadai aliran listrik atau alat elektronik di rumah dan binatang liar yang dapat membahayakan.

“Untuk wilayah yang rawan banjir, colokan listrik agar tidak diletakkan di bawah. Letakkan pada posisi aman dari air,” pesan Dandim. ***

Kategori Sungai Penuh

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.