Sabtu, 15 Desember 2018 | 23:34

Wawako Sidak Pasar Induk, Pemkot Pastikan Lindungi Pedagang

Penulis : Tim Liputan
Editor : Dora

INFOJAMBI.COM — Wakil Wali Kota Jambi DR. dr. H. Maulana, MKM, Sabtu (17/11/2018) dinihari melakukan inspeksi dadakan (sidak) ke Pasar Induk Grosir Talang Gulo, Paal X, Kota Jambi. Kehadiran orang nomor dua di Kota Jambi itu untuk memastikan dan melihat langsung kondisi terkini pasar induk milik Pemkot Jambi tersebut.

Pada kesempatan itu, Wawako Maulana menjumpai pedagang pasar, untuk mendengar langsung aspirasi mereka terkait permasalahan pasar induk. Turut mendampingi Asisten II Rd Erwansyah, Kadis Perindag Komari, Kasat Pol PP Yan Ismar, Kadishub Saleh Ridha dan Kabag Perekonomian Edy Fachrizal.

Perwakilan pedagang menyampaikan beberapa hal terkait permasalahan yang terjadi, pasca relokasi pedagang Pasar Angso Duo. Diantaranya terkait jam berdagang di Angso Duo yang hampir 24 jam penuh setiap hari. Hal tersebut mempengaruhi omzet mereka yang belakangan sudah berjalan normal.

Mendengar aspirasi para pedagang, Wawako Maulana menegaskan bahwa Pemkot Jambi tetap komitmen dan taat menegakkan aturan regulasi yang telah dibuat dan disepakati bersama terkait pengelolaan Pasar Induk Talang Gulo Paal X.

“Kami dari pemkot tetap komit pada regulasi tentang pasar di Kota Jambi. Pasar Talang Gulo diperuntukkan sebagai pasar induk di Kota Jambi. Semua barang masuk ke sini pada malam hari, kemudian pengecer membeli di sini, untuk didistribusikan ke seluruh pasar yang ada di Kota Jambi. Kami tidak akan pandang bulu, apakah pasar yang dikelola swasta maupun pemerintah, kita akan menerapkan regulasi itu,” tegas Maulana.

Pemkot Jambi akan segera melakukan kordinasi dengan seluruh pengelola pasar di Kota Jambi, terkait aturan yang telah dibuat dan disepakati bersama.

“Kami akan segera melakukan kordinasi dengan seluruh pihak, termasuk seluruh pengelola pasar swasta maupun pemerintah di Kota Jambi, terkait penegasan aturan yang telah dibuat dan disepakati bersama. Ini kita lakukan untuk memberi perlindungan bagi semua, baik agen maupun pedagang pengecer,” jelasnya.

Pada kesempatan itu juga, Maulana menghimbau seluruh pedagang yang masih belum mendapat tempat berjualan yang baik dan layak, agar memanfaatkan Pasar Talang Gulo dengan sebaiknya.

“Di sini kami sudah menambah lokasi baru untuk lapak pedagang. Silahkan bagi pedagang yang belum mendapat tempat berjualan yang baik agar memanfaatkan Pasar Talang Gulo dengan sebaiknya. Ini pasar induk yang kita impikan, sesuai konsep kota yang sebenarnya. Seluruh barang masuk ke sini. Perindag juga bisa memonitor, sehingga mekanisme pasar bisa dikontrol dengan baik, dari segi kualitas, kuantitas dan harga. Jadi tidak bisa dipermainkan secara sepihak,” pungkas Maulana.

Selain bertatap muka langsung dengan perwakilan pedangang, Wawako Maulana juga meninjau beberapa komoditas yang diperjual belikan di pasar induk. Maulana berbincang dengan beberapa pedagang, mengecek kondisi harga, omzet penjualan, kenyamanan dan pelayanan pedagang yang diberikan pihak Pemkot Jambi selama ini.

Seusai berkeliling pasar, Wawako Maulana bersama OPD Pemkot Jambi menyempatkan bersantap di salah satu lapak pedagang makanan di pasar tersebut. Wakil Wali Kota Jambi itu berbaur bersama masyarakat dan pedagang sekitar.

Pemerintah Kota Jambi telah menetapkan Pasar Induk Grosir Talang Gulo Paal X sebagai pasar transaksi bagi agen dan sub agen yang selama ini beroperasi di Pasar Angso Duo. Tujuan Pemkot Jambi adalah mengembalikan fungsi pasar Angso Duo yang selama ini sangat semrawut, akibat tidak adanya pasar induk khusus bagi agen besar dan sub agen.

Selain itu, permasalahan lain muncul akibat kendaraan pengangkut komoditas pasar melebihi tonase yang diperkenankan masuk kota. Akibatnya, selain kondisi lalu lintas terganggu, akan berdampak pada kualitas jalan dan estetika kebersihan di Kota Jambi. ***


Kategori Ekonomi dan Bisnis,Kota Jambi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.