Selasa, 26 Maret 2019 | 09:54

Wisata Pendidikan Bentuk Karakter Anak

Penulis : Teguh
Editor : M Asrori S

Anan-anak Kelompok Bermain Islam Terpadu (KBIT) Annida Bangko.

INFOJAMBI.COM – Pendidikan bagi anak usia dini sangat penting, karena saat itulah dimulainya pembentukan mental dan karakter anak.

Karakter itu terbentuk semasa kecil atau pada usia 0-5 tahun sebelum masuk Sekolah Dasar (SD).


“Inilah yang disebut masa-masa emas pada si anak,” ujar Bupati Merangin, H Al Haris, usai pelantikan pengurus PGRI Kabupaten Merangin, di aula utama kantor Bupati Rabu (6/3/2019).

Guna membantuk mental dan karakter anak itu, Kelompok Bermain Islam Terpadu (KBIT) Annida Bangko, di hari yang sama berwisata pendidikan ke kantor Dinas Pemadam Kebakaran Merangin.

Ketika di Dinas Pemadam Kebakaran, anak-anak diajak para petugas pemadam mempraktekan langsung bagaimana melakukan pemadaman. Praktek yang diperagakan, mulai dari menarik selang air, sampai menyemprotkan air ke api.

Simulasi kebakaran yang dipadamkan anak-anak itu, menjadi pemandangan menarik. Anak-anak sangat senang secara bersama-sama menarik selang air dan menyemprotkannya ke kobaran api.

“Sudah padam..sudah padam..apinya,” teriak anak-anak tersebut sembari bersorak dan melompat kegirangan begitu melihat api sudah padam. Anak-anakpun kemudian diajarkan menggulung selang dan mengembalikan ke tempatnya.

Menurut Umi Ayu salah seorang guru KBIT Annida Bangko, melalui wisata pendidikan itu, akan terbentuk perkembangan motorik anak. Apa yang disaksikan anak-anak bersama teman-temannya itu, akan terkenang sepanjang hidupnya.

“Mental dan panca indera, afeksi serta pengembangan daya pikir anak juga berjalan. Untuk itu wisata pendidikan ini, menjadi program setiap tiga bulan sekali kami adakan. Wisata Pendidikan kali ini bertema air, api dan udaran,” terang Umi Ayu.

Sebelumnya, KBIT Annida Bangko juga berwisata pendidikan ke Mapolres Merangin. Disana anak-anak ditunjukan bagaimana Polisi bekerja membasmi kejahatan.***

Kategori Pendidikan

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.