Yonif Raider 142/kj Bangun Tugu Prasasti di Turiscain

Penulis : Tim Liputan || Editor : Wahyu Nugroho

INFOJAMBI.COM – Keberadaan Satuan Tugas Pamtas RI – RDTL Yonif Raider 142/Kj sangat memiliki arti bagi Warga Perbatasan di sektor timur wilayah Kabupaten Belu, NTT. Untuk mengenang kebaradaan Satgas Yonif 142 tersebut anggota Satgas yang dipimpin langsung oleh Danpos Turiscain Lettu Inf Oslan Purba dengan dibantu warga membangun sebuah Tugu Prasasti berukuran tinggi 1,5 meter dan lebar 5 meter di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Turiscain yang berada di Dusun Turiscain Desa Maumutin Kecamatan Raihat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

Hal tersebut disampaikan Komandan Satgas Pamtas Yonif Raider 142/kj Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M dalam rilis tertulisnya di Mako Satgas Atambua, Kab. Belu, NTT, Senin (2/3/2020).

Lebih lanjut Dansatgas Letkol Inf Ikhsanudin mengatakan bahwa Tugu prasasti ini dibangun dengan tujuan agar warga selalu teringat peristiwa adanya Satgas Yonif Raider 142/kj melaksanakan Pamtas di wilayah Kab. Belu, yang telah turut mengamankan wilayah perbatasan Desa mereka. Juga menjaga tali silahturahmi serta kedekatan warga dengan rakyat, terutama Satgas Yonif Raider 142/kj dengan warga masyarakat desa disekitarnya.

Tugu ini sebagai bukti adanya Kemanungalan TNI dengan rakyat untuk membangun Demi kemajuan di bidang pendidikan di lingkungan SDN Turiscain.

Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dalam kegiatan Binter Satnonkowil selama berada di wilayah perbatasan telah melaksanakan berbagai bidang dalam rangka membantu mengatasi berbagai macam permasalahan sosial yang berkembang di lingkungan masyarakat, diantaranya bidang pertanian, pendidikan, kesehatan, olahraga, perikanan, ekonomi dan bidang-bidang lainnya

Bidang pendidikan merupakan bidang yang sangat penting dalam membangun sebuah Negara, Negara yang maju dapat dipastikan memiliki sistem dan kualitas pendidikan yang sangat baik, hal ini menjadikan pendidikan dasar sebagai acuan sebelum melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Berdasarkan pada Amanat Undang-undang Dasar 1946, maka pendidikan dasar merupakan upaya untuk mencerdaskan dan mencetak kehidupan Bangsa yang bertaqwa, cinta dan bangga terhadap Bangsa dan Negara, terampil, kreatif, berbudi pekerti yang santun serta mampu menyelesaikan permasalahan di lingkungannya, paparnya.

Dalam rangka mendukung kecerdasan generasi penerus Bangsa dalam berkreasi dan berekspresi, Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ berinisiatif memberikan nuansa yang berbeda dengan membuat tugu kenangan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Turiscain yang berada di Dusun Turiscain Desa Maumutin Kecamatan Raihat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

“Membantu memperbaiki sarana dan fasilitas lembaga pendidikan merupakan wujud kepedulian dan pengabdian TNI kepada masyarakat di daerah penugasan, karena kami sangat menyadari bahwa TNI berasal dari rakyat, untuk rakyat dan akan kembali lagi menjadi rakyat,” ungkap ungkap Ikhsanudin.

“Pembangunan tugu tersebut merupakan hasil koordinasi bersama pihak SDN Turiscain yang mengambarkan kedekatan antara Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ bersama seluruh lapisan masyarakat yang ada di sekitarnya, sehingga melalui pembangunan tugu ini diharapkan akan meningkatkan kecintaan para siswa-siswi terhadap lembaga pendidikannya, sebagaimana kecintaan TNI terhadap anak-anak selaku generasi penerus Bangsa,” imbuh Ikhsanudin.

Setiap personelnya yang berada di sepanjang garis perbatasan Indonesia – Timor Leste, ia selalu berpesan “agar kehadiran mereka ditengah-tengah masyarakat dapat memberikan motivasi, menjadi solusi, memberikan pengaruh positif serta bermanfaat bagi warga perbatasan yang ada di sekeliling mereka secara langsung”, ungkap Ikhsanudin.

Sementara itu, Koun Raddus (51) selaku Kepala Sekolah di SDN Turiscain menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya Pos Turiscain atas bantuan yang diberikan berupa pembangunan tugu kenangan di tempatnya mengabdi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI yang telah membantu kami, sehingga SDN Turiscain terlihat lebih baik dan indah,” ucap Bapak Koun Raddus.

Terpisah, Lettu Inf Oslan Purba selaku Danpos Turiscain menyampaikan bahwa kegiatan pembangunan tugu tersebut adalah kreatifitas dari personelnya guna meningkatkan motivasi semangat belajar melalui kecintaan siswa-siswi terhadap sekolahnya.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan Satgas Pamtas Yonf R 142/KJ dibidang pendidikan, sekaligus untuk meningkatkan motivasi semangat belajar melalui kecintaan siswa-siswi terhadap sekolahnya,” tandas Oslan purba. (penremgapu)

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.