Yonif Raider 142/Ksatria Jaya Jaga Perbatasan RI-RDTL Sektor Timur

PENULIS : TIM LIPUTAN
EDITOR : DODDI

INFOJAMBI.COM – Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 408/SBH purna tugas, diganti dengan Batalyon Infanteri Raider 142/Kstaria Jaya (KJ) sebagai Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Sektor Timur, di wilayah Kabupaten Belu, Timor Barat.

Jumlah personel Yonif Raider 142/KJ di bawah Komando Korem 042/Garuda Putih, Kodam II Sriwijaya Provinsi Jambi yang akan mengamankan wilayah perbatasan Kabupaten Belu dengan bekas Propinsi ke-27 Timor-Timur (Timor Leste) selama sembilan bulan kedepan sebanyak 400 prajurit.

Dalam coffe morning di Mako Satgas, Umanen, Atambua Barat, Sabtu (7/9/2019) Mayor Inf. Eko Prasetyo selaku Dansatgas Yonif 408/SBH mengatakan, pihaknya telah selesai melaksanakan tugas Satgas Pamtas kurang sembilan bulan.

Eko Prasetyo menyampaikan permohonan maaf apabila ada tindakan dan perbuatan yang menyakiti hati warga masyarakat selama bertugas kurang lebih sembilan bulan di wilayah perbatasan Belu.

“Kami mohon maaf kepada seluruh warga masyarakat apabila ada sikap dan perilaku kami yang tidak berkenan di hati seluruh warga Belu,” ungkap dia.

Eko msngakui, kurang lebih sembilan bertugas tentunya tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah Belu beserta seluruh Forkopimda dan stakeholder.

“Kami menyampaikan terimakasih sebab telah membantu kami selama menjalankan tugas di wilayah perbatasan. Terima kasih juga kepada CIQ yang selama ini sama-sama bersinergi dalam mencegah penyelundupan ilegal di wilayah perbatasan. Kami harap hubungan persahabatan di kota sahabat ini tetap terjalin dengan baik,” pinta Eko Prasetyo.

Sementara itu, Danyon Raider 142/KJ, Mayor Inf. Ikhsanudin mengatakan selalu siap membantu pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Belu selama sembilan bertugas menjaga wilayah perbatasan negara.

“Tugas kami ikut meringankan beban warga masyarakat di wilayah perbatasan Belu. Selain melaksanakan tupoksi menjaga wilayah perbatasan negara,” kata Ikhsanudin.

Personil Yonif Raider 142/KJ akan melakukan tugas pembinaan teritorial bekerjasama dengan kodim, pemerintah, stakelholder dan lintas sektor.

“Mudah-mudahan keberadaan kami disini bisa membantu pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Belu. Karena disini juga bagian dari NKRI dimana kita saling jaga keutuhan NKRI,” ucap dia.

Bupati Belu, Willybrodus Lay menyampaikan terimakasih kepada Satgas Yonif Raider 408/SBH yang telah melaksanakan tugas selama kurang lebih sembilan bulan di wilayah Kabupaten Belu perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

“Selamat datang untuk Satgas Yonif Raider 142/KJ dan selamat bertugas di Kabupaten Belu perbatasan RI-RDTL. Selalu bangun koordinasi dengan seluruh unsur elemen dan jadilah satuan inspirasi bagi warga di wilayah perbatasan Belu,” harap Bupati Lay.

Turut hadir dalam acara itu, Danyon RK 744/SYB, pimpinan CIQ, tokoh agama di Belu, tokoh adat/masyarakat Belu, Pasilog Kodim Belu, Kajari Belu, pejabat RRI Atambua, Camat Atambua Barat dan Lurah Umanen.

Coffe morning sekaligus pisah sambut diakhiri dengan pemusnahan sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan dalam penggagalan penyelundupan selama bertugas kurang lebih sembilan bulan di perbatasan Belu. ***

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.