Rabu, 24 Mei 2017 | 15:02

Zikir Bersama, Zola dan Warga Panas-Panasan

Zumi Zola menghadiri Jambi Berzikir || yudi pramono

KOTAJAMBI — Mengantisipasi terjadinya kerusuhan antar umat beragama, pasca penemuan lafadz Allah pada sebuah miniatur gereja dan pohon natal, di Hotel Novita, Kota Jambi, Pemprov Jambi menggelar acara “Jambi Berzikir”.

Teriknya panas matahari, Jum’at sore, membuat Gubernur Jambi, H Zumi Zola, berkali-kali menyeka keringat di dahinya. Namun panasnya sengatan sinar matahari tidak membuatnya kehilangan rasa humor.

Zola tertawa terbahak-bahak, ketika ada cerita lucu yang disampaikan penceramah, pada acara “Jambi Berzikir” ini. Kendati begitu Zola tetap mendengarkan ceramah dengan serius.

Panasnya matahari juga dirasakan warga yang ikut hadir dalam acara ini. Mereka memanfaatkan potongan kardus, koran bekas dan sajadah, untuk pelindung kepala, setidaknya mengurangi rasa panas.

“Jambi Berzikir” diikuti semua kalangan. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Tidak hanya kaum laki-laki, para wanita pun rela berpanas-panasan mendengar ceramah bersama gubernurnya. Untuk pelindung, kaum ibu ini sengaja membawa payung dari rumah.

Acara ini diadakan di Lapangan Depan Kantor Gubernur Jambi. Zikir bersama ini dimotori oleh Aliansi Umat Islam (AUI) Jambi. Puluhan anggota polisi tampak ikut berbaur dengan warga.

Gubernur Jambi, Zumi Zola, menyatakan setiap hari terus memantau proses hukum penanganan kasus pelecehan lafadz allah, yang terjadi sepekan lalu.

Menurut Zola, pengusutan kasus ini sudah banyak kemajuannya. Tidak lama lagi pihak kepolisian mengumumkan pelaku pembuat lafadz Allah di miniatur gereja itu. Termasuk menjelaskan motifnya.

“Jambi Berzikir” diisi dengan tauziah dari penceramah kondang, Kyai Haji Abdullah Gymnastiar, atau biasa dipanggil Aa’ Gym.

Dalam ceramahnya, Aa’ Gym mengajak warga Jambi tidak mengikuti hati yang “panas”. Umat muslim diminta lapang hati, menyikapi kasus pelecehan lafadz Allah pada miniatur gereja yang baru saja terjadi.

Acara diakhiri dengan zikir dan do’a bersama. Pembacaan do’a berlangsung sangat khusyu’. Sebelum bubar, Zola menyalami warga yang hadir. (infojambi.com)

Laporan : Yudi Pramono || Editor : Doddi Irawan

 

Kategori Agama

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.