Rabu, 24 Mei 2017 | 15:02

Zola Akan Panen Padi Sawah di Sarolangun

Zumi Zola mencanangkan Germas 2016 ll Mulyadi (humasprov)

SAROLANGUN — Gubernur Jambi, Zumi Zola, bersama Penjabat Bupati Sarolangun, Arif Munandar, dijadwalkan melakukan panen raya padi sawah, di Desa Jernih, Air Hitam, Sarolangun, Rabu siang.

Camat Air Hitam, Suryadi, mengatakan, luas lahan yang akan panen di Desa Jernih mencapai 240 hektar. Sekitar 102 hektar merupakan lahan baru, hasil cetak sawah. Sisanya lahan lama milik warga Desa Jernih.

Menurut jadwal, Zola diperkirakan sampai di Desa Jernih sekitar pukul 11 siang. Kedatangannya akan disambut oleh Penjabat Bupati Sarolangun, Arif Munandar, di Simpang Pauh.

Selain panen raya, Gubernur juga dijadwalkan meninjau Dam Sungaijernih. Diharapkan setelah melihat langsung kondisi dam itu, Pemprov Jambi bersedia mengucurkan dana untuk merehab dam tersebut.

“Kami optimis, kalau dam itu berfungsi maksimal, sekitar 1.200 hektar sawah di Air Hitam bisa diairi,” kata Suryadi.

Mantan Camat Batang Asai ini menjelaskan, petani di Air Hitam penuh semangat menyambut kedatangan gubernur. Mereka telah menyiapkan semuanya, mulai dari tari turun ke sawah hingga hiburan musik khas Air Hitam, Biduk Sayak.

“Gubernur akan dihibur dengan musik Biduk Sayak, kesenian lokal Air Hitam yang sedang dilestarikan,” kata Suryadi.

Suryadi mengungkapkan, para kepala desa di Air Hitam sangat berterimakasih pada Gubernur Jambi. Mereka kini sedang semangat bersawah, karena potensi persawahan sangat bagus.

Camat dan para petani Air Hitam sangat tertantang dengan tawaran PT Sinar Mas Grup, perusahaan perkebunan sawit yang ada di kecamatan itu. Perusahaan itu membutuhkan 18 ton beras per bulan untuk kebutuhan karyawannya.

“Kami tertantang untuk memenuhi kebutuhan beras Sinar Mas itu. Saya selalu memberi motivasi pada para kepala desa dan kelompok tani, agar lebih giat lagi bersawah. Ini peluang sangat besar. Nanti BUMDes juga kita berdayakan,” ujar Suryadi. (infojambi.com/DD)

Laporan : Rudi Ichwan

 

Kategori Sarolangun

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.