Minggu, 20 Agustus 2017 | 00:00

Zola Buka Musrenbang RKPD Provinsi Jambi 2018

Gubernur Jambi menyaksikan para bupati menandatangani usulan dalam musrenbang || foto : teguh

KOTAJAMBI — Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA menyampaikan, infrastruktur dan pelayanan dasar merupakan prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi untuk rencana pembangunan tahun 2018 guna mewujudkan Jambi TUNTAS 2021.

Hal ini disampaikannya pada Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jambi Tahun 2018, dengan Tema “Peningkatan Kualitas Pembangunan Infrastruktur dan Pelayanan Dasar dalam Rangka Percepatan menuju Jambi TUNTAS 2021,” bertempat di Ratu Covention Center (RCC), Rabu (5/4).

Zola mengatakan, dalam pengajuan dana untuk pembangunan infrastuktur harus dengan skala prioritas dan lebih spesifik karena terbatasnya dana dari Pusat untuk pembangunan.

“Perencanaan pembangunan untuk Tahun 2018 harus bersinergi, Pemprov Jambi diminta untuk bersinergi dengan Nawacita Presiden Jokowi, begitu pula dengan Kabupaten/Kota, harus bersinergi juga dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jambi TUNTAS Tahun 2021,” ujar Zola.

“Jalan, pelabuhan dan bandara udara sangat diperlukan untuk memajukan suatu daerah, ketika menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPERA) datang ke Jambi, telah kita sampaikan ada jalan nasional yang harus diperbaiki dan bapak menteri merespon dengan sangat baik,” ungkap Zola.

Zola menyampaikan, ada rencana besar untuk membangun Bandara Depati Parbo di Kerinci, yang membutuhkan pembebasan lahan seluas 30 hektare.

“Kita sedang mendorong pembangunan pelabuhan di Muara Sabak, ada jalan nasional sepanjang 61 KM yang terbentang dari Aur Duri sampai ke pelabuhan, tahun ini bapak menteri PUPERA telah menyetujui untuk memberikan dana terkait pembangunan jalan tersebut,” sambung Zola.

Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) /Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bidang Hubungan Kelembagaan, Dr.Diani Sadia Wati,SH,LLM mengatakan, pertemuan ini sangat penting untuk memberikan pikiran dalam upaya mendorong kebijakan-kebijakan pembangunan dalam Provinsi Jambi dan kebijakan-kebijakan pembangunan nasional.

Diani menyatakan, perkuatan pelaksanaan kebijakan dengan money follow programme, dimana pendekatan perencanaan money follow programme melibatkan Kementerian/Lembaga untuk mendukung prioritas nasional dalam Musrenbang Nasional.

“Musrenbang ini bertujuan untuk membahas kerangka ekonomi makro tahun 2018, pembangunan prioritas nasional tahun 2018, kebijakan penyelarasan RKPD dan RKP, serta RKP tahun 2018 dalam konteks pembangunan di Provinsi Jambi,” kata Diani.

Diani menyampaikan, dalam mendukung pembangunan di Provinsi Jambi, beberapa proyek prioritas nasional yang akan dilaksanakan yaitu Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung, Rekonstruksi Jalan Bangko – Sungai Penuh – Bts. Provinsi Sumatera Barat, Pengembangan Bandar Udara Depati Parbo (Kerinci), dan Peningkatan Kapasitas Jalan Merlung – Lb. Kambing – Sp. Niam untuk mendukung aksesibilitas, serta berbagai rencana indikatif pembangunan infrastuktur yang diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan pembangunan Provinsi Jambi.

“Pelaksanaan Musrenbang di Provinsi Jambi perlu difokuskan pada pelaksanaan pertemuan multi sektor dan kewilayahan untuk mendukung upaya sinergi perencanaan antara pusat dan daerah,” tutup Diani.

Plt. Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Ir.Diah Indrajati, M.Sc mengatakan, Kementerian/Lembaga bersama Pemerintah Daerah melakukan harmonisasi dan sinkronisasi untuk pencapaian target pembangunan Tahun 2018 yang difasilitasi oleh Kementerian Dalam Negeri dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Diah mengharapkan, Musrenbang Provinsi Jambi bisa mempertajam dan menyepakati rencana kegiatan yang telah dibahas pada Rapat Koordinasi Teknis terkait 10 prioritas nasional dan 30 program prioritas, yang selanjutnya akan dibahas pada Musrenbang Nasional.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, Pj.Sekda Provinsi Jambi, Drs.H.Erwan Malik,MM, Kepala Badan Informasi Geospasial, Prof.Dr.Ir. Hasanuddin Z.Amidin,Sc,Eng, Sekretaris Badan Pengembangan Infrastuktur Wilayah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dr.Dadang Rukmana,SH,CES,DEA, Forkompinda Provinsi Jambi, Ketua Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Jambi, anggota DPR RI Dapil Provinsi Jambi, anggota DPD Utusan Provinsi Jambi, anggota DPRD Provinsi Jambi, bupati/walikota se-Jambi serta undangan. (infojambi.com)

Penulis : Richi

Kategori Provinsi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.