Zola : Bungo Berkontribusi terhadap Peningkatan Produksi Padi Nasional

INFOJAMBI.COM — Gubernur Jambi, H Zumi Zola Zulkifli, mengapresiasi Bupati Bungo dan masyarakatnya, khususnya para petani yang telah berkontribusi mendukung percepatan peningkatan produksi nasional, terutama komoditi padi di Provinsi Jambi.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Zola dalam Panen Raya Padi Sawah, di Dusun Teluk Pandak Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo, Rabu (17/01/2018) siang.

“Upaya percepatan peningkatan produksi nasional yang dilakukan pemerintah, khususnya peningkatan produksi padi untuk mewujudkan ketahanan pangan dan kedaulatan pangan di Indonesia, khususnya Jambi,” ujar Zola.

Zola menjelaskan, program peningkatan pangan selalu menjadi prioritas, sesuai kebijakan Presiden Jokowi yang menginginkan Indonesia menjadi mandiri pangan dan Pemerintah Provinsi Jambi akan terus mendukung kebijakan Presiden Jokowi.

“Alhamdulillah, panen raya di Dusun Teluk Pandak ini mengalami kenaikan, yang biasanya 6 ton per hektare menjadi 7,1 ton per hektare. Ini luar biasa karena saat ini banyak sekali tantangan meningkatkan produksi padi,” ungkap Zola.

Pemerintah Provinsi Jambi terus mendorong peningkatan produksi pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani. Pemprov Jambi meminta komitmen dan dukungan masyarakat untuk meningkatkan produksi pertanian di Provinsi Jambi, khususnya Bungo.

Untuk mendorong peningkatan produksi pertanian, Pemerintah Provinsi Jambi tahun 2018 akan memberikan bantuan alat pasca panen dan alat mesin pertanian kepada Kabupaten Bungo. Bantuan tersebut berasal dari APBD Provinsi Jambi dan APBN.

Bupati Bungo, H Mashuri, menyampaikan, panen raya di Dusun Teluk Pandak seluas 200 hektare milik Gapoktan Maju Bersama. Panen hari itu merupakan hamparan sawah milik kelompok tani Harapan Jaya II dengan luas 70 hektare. Masih ada sekitar 65 hektare lagi sawah belum dipanen, dari 200 hektare luas sawah milik Gapoktan Maju Bersama.

Mashuri mengucapkan selamat kepada petani Dusun Teluk Pandak yang berhasil melaksanakan panen raya dengan hasil melimpah. Apalagi di tengah musim penghujan, Dusun Teluk Pandak mampu panen seluas 70 hektare dan hasil memuaskan.

Mashuri menyampaikan, terdapat irigasi Batang Ule yang mengairi 3 kecamatan yaitu, Tanah Sepenggal, Tanah Tumbuh dan Pelayang yang memiliki potensi sawah untuk diairi seluas 1.800 hektare.

“Dari 1.800 hektare potensi yang ada, baru bisa dimanfaatkan masyarakat setempat seluas 900 hektare yang bisa diairi oleh irigasi Batang Ule, karena dari saluran primer irigasi Batang Ule ada pendangkalan sehingga belum bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” pungkas Mashuri.

Turut hadir pada panen raya tersebut Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Apriyanto, Direktur Irigasi Kementerian Pertanian Ir Tunggul Imam, Asisten II Setda Provinsi Jambi Ir Agus Sunaryo M.Si, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi Ir Akhmad Mausul. (Richi — Bungo)

 

Kategori Provinsi

Tags:

1 Judul Komentar

  1. MANTAP SINGKIRKAN ASEING DARI agrobisnis NKRI jgnJUal LAHAN pada MEREKA.
    Bila tdk INGIN ANAK cucu JADI budak mereka suatu saat nanti..bila ada KELOMPOK tani resmi bila butuh bantuan infrastuktur untuk pembiayaan irigasi bisa wa ke 087881093478 akan di bantu UTK mendapatkan dana hibah..secara cuma cuma..insyaallah data lengkap bisa di bantu penyelesaian utk dpt dana syarat 1 luas areal jumlah kelompok resmi 2. Gambar lahan dan rencana irigasi 3. Info analisa consultan dlm pembiayaan..( ini akan diurus tim teknis pendana dg consultant resmi kabupaten setempat..demi maju petani NKRI mari bangkit bersatu..

    Balas

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.