Zola Harap Penelitian SEM Institute – BI Dorong Kemajuan UMKM

KOTAJAMBI — Gubernur Jambi, H Zumi Zola, berharap penelitian SEM Institute dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Jambi mendorong kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Jambi.

Hal itu dikatakan Zola saat menerima audiensi BI Perwakilan Provinsi Jambi dan SEM Institute, Kamis (8/6), di Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Kepala BI Perwakilan Jambi membawa lembaga dan konsultan penelitian SEM Institute, sebagai partner kerja BI yang akan melakukan survei terhadap 10 Komoditas Produk Jenis Usaha (KPJU) unggulan UMKM tiap kabupaten/kota di Jambi. Namun, penelitian juga dapat melebar pada sektor produktif lainnya.

Zola menyatakan, hasil penelitian SEM Institute – BI menjadi masukan penting dalam pengembangan UMKM dan sektor terkait lainnya. “Ada konsultan yang dibawa BI turun ke kecamatan, semua didampingi juga oleh pemkab dan pemkot yang punya produk produk unggulan,” ujar Zola.


Zola berharap penelitian dilakukan dengan baik, mampu menghasilkan data valid yang dapat dipercaya guna menentukan arah kebijakan pembangunan di berbagai sektor. Hasil penelitian menentukan arah kebijakan program kerja untuk tahun berikutnya.

“Hasil penelitian terkait produk unggulan daerah diharap mampu menggerakkan UMKM agar terus berkembang maju. Kaji mana yang benar-benar jadi produk unggulan, nanti hasil penelitian ada paparan, bukan hanya pangan dan non pangan, juga dicari yang berpotensi,” lanjut Zola.

Provinsi Jambi memiliki daerah dengan dataran tinggi penghasil kulit manis, kopi, nilam, kentang serta daerah pesisir mampu menghasilkan ikan, kelapa dan pinang yang sangat menopang perekonomian masyarakat. (infojambi.com)

Penulis : Raihan

 

Kategori Ekonomi dan Bisnis,Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.