Zola : Presiden Tekankan Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi dan Perizinan

INFOJAMBI.COM — Gubernur Jambi, H Zumi Zola, mengemukakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pertumbuhan ekonomi, inflasi dan perizinan dalam rapat kerja nasional.

Hal itu disampaikan Zola usai mengikuti Rapat Kerja Pemerintah, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Presiden sangat berharap pertumbuhan ekonomi baik dan inflasi terkendali, karena pertumbuhan ekonomi dan inflasi berpengaruh sangat besar terhadap keberhasilan pembangunan.

“Presiden mengevaluasi pembangunan di Indonesia, termasuk provinsi dan kabupaten/kota. Kita harus memperhatikan pertumbuhan ekonomi, tapi juga inflasi. Dijabarkan, inflasi tertinggi siapa, kalau tinggi tidak bagus. Jambi tidak masuk. Presiden mengatakan, anggaran yang sudah disampaikan ke daerah digunakan, jangan ditaruh di bank. Datanya sudah ada, itu yang jadi catatan, jangan sampai ada kabupaten/kota termasuak provinsi, dananya tidak digunakann maksimal,” ujar Zola.

Selain pertumbuhan ekonomi dan inflasi, kata Zola, presiden juga menekankan sangat pentingnya menyelesaikan perizinan dengan cepat, yang juga sangat penting dalam menunjang pembangunan. “Kemudian bagaimana perizinan, di Pemerintah Pusat, 3 jam bisa dapat 9 izin selesai, artinya kita harus lebih cepat lagi memberikan pelayanan dalam urusan perizinan, jangan diperlambat, sesuai dengan kewenangannya, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi bisa meningkat,” lanjut Zola.

“Pak Jokowi juga menyampaikan supaya pembangunan di daerah jangan hanya mengandalkan APBN dan APBD, tetapi juga dari investasi, misalnya membangun industri. Investasi tergantung potensi daerahnya, saat ini ada beberapa komoditi yang sedang naik, kopi, coklat, kalau di Jambi mungkin kelapa lagi naik juga, kalau nanti butuh peremajaan, kita bisa minta ke Kementerian Pertanian,” terang Zola.

“Arahan Pak Presiden sudah jelas, analoginya jangan menggunakan APBD seperti bagi-bagi kue, semua mesti dapat, Pak Presiden mengatakan tidak bisa begitu, tetapi fokus pada prioritas, misalkan fokus pada pembangunan infrastruktur sesuai dengan visi misi,” jelas Zola.

Zola mengungkapkan, pembangunan infrastruktur merupakan prioritas Pemerintah Provinsi Jambi. Pemerintah provinsi juga memprioritaskan pembangunan infrastruktur, karena sekita 90 % permintaan masyarakat paling banyak masalah infrastruktur, jalan, jembatan, irigasi.

“Bupati/walikota hampir hadir semua, hanya satu orang yang diwakilkan, jadi tolong sama-sama kita terapkan, agar pembangunan pemerintah pusat, provinsi dengan visi Jambi Tuntas dan pemerintah kabupaten/kota sejalan,” tutur Zola. (Mustar Hutapea — Humasprov)

 

Kategori Provinsi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.