Zola Resmikan Museum Gedung Legiun Juang Bungo

Zumi Zola

INFOJAMBI.COM — Gubernur Jambi, H Zumi Zola Zulkifli, meresmikan Museum Legiun Juang Bungo, di samping Taman Pusparagam, Kecamatan Pasar, Muara Bungo, Kabupaten Bungo, Rabu (17/1/2018).

Gubernur didampingi Bupati Bungo, H Mashuri, melakukan pengguntingan pita dan menandatangani prasasti gedung. Museum ini diharap menjadi media transfer nilai sejarah lintas generasi.

“Keberadaan gedung ini menjadi wahana edukasi sejarah, terutama kepada generasi muda,” ujar Zola.

Gedung Museum Legiun Juang dibangun dengan dana APBD Provinsi Jambi dan Kabupaten Bungo. Tujuannya untuk meneruskan semangat perjuangan dari para pejuang di Provinsi Jambi, termasuk Bungo.

Gubernur minta Pemkab Bungo menjaga dan merawat museum ini dengan baik, karena peninggalan sejarah perlu diperhatikan sepanjang masa. “Jika bukan penerus saat ini, siapa lagi,” tegas Zola.

Menurut gubernur, museum tersebut sangat penting agar generasi muda tahu sejarah Provinsi Jambi dan Kabupaten Bungo, khususnya sejarah para pahlawan pejuang Provinsi Jambi.

“Di museum ini nanti dipasang foto-foto dan barang bersejarah, tentang Jambi maupun Kabupaten Bungo. Juga ada barang bersejarah, ada meriam dan benda-benda yang berhubungan dengan Sultan Thaha,” ungkap Zola.

Gubernur menyarankan dibuat jadwal tetap kunjungan bagi anak-anak sekolah tingkat TK, SD, SMP dan SMA. Tujuannya untuk mentransfer dan mengedukasi nilai sejarah kepada anak-anak di Kabupaten Bungo.

Zola mengaku bangga dengan masih adanya peninggalan sejarah dari para pejuang dan dirawat mewah di Kabupaten Bungo. Itu menunjukkan masyarakat Bungo sangat menjunjung nilai sejarah. (TM/Richi — Bungo)

 

Kategori Provinsi,Wisata - Seni - Budaya

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.