Zola Serahkan Bantuan Untuk Korban Banjir Batanghari

Zola kunjungi korban banjir di tenda pengungsian || foto : roni

MUARATEMBESI – Gubernur Jambi, Zumi Zola, meninjau rumah-rumah warga yang terkena banjir, di Pasar Muara Tembesi, Batanghari, Minggu (12/3). Zola juga menyerahkan bantuan untuk para korban banjir.

Bantuan yang diberikan berupa beras satu ton, lauk pauk 200 paket, selimut 180 lembar, matras 180 unit, terpal 150 unit dan , fodware.

Bupati Batanghari, Syahirsah, ikut mendampingi gubernur. Tampak di lokasi tenda dan posko bantuan dari pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten.

Zola menegaskan bahwa seluruh korban banjir harus mendapat bantuan. Kalau masih kurang, pemprov akan membantu, bahkan pusat juga akan memberi bantuan.

Menurut Zola, ada program pemerintah pusat, jika sawah gagal panen karena terendam banjir, diberi bantuan Rp 6 juta untuk setiap hektar, sesuai data.

Sebelumnya pemprov menyalurkan bantuan beras untuk korban banjir di Bungo. Mereka bahkan minta tambahan empat ton. Pemprov juga akan menyalurkan bantuan lauk-pauk, sarden, terpal dan matras.

Zola mengungkapkan, banjir ini terjadi akibat dipengaruhi kondisi iklim global. Kemaraunya lebih panjang darimusim hujan.

Walau musim hujan lebih pendek, tapi debit airnya besar sekali. Banjir bukan hanya di Jambi, tapi juga di provinsi lain,

Faktor kedua, adanya daerah pasang surut. Ketiga, harus dikaji, adakah kaitan dengan aktivitas perusahaan, tergantung laporan dari kabupaten, kalau memang seperti itu harus diindak lanjuti.

“Mohon pada perusahaan, terutama di daerah tempat mereka beroperasi, agar memberi bantuan kepada korban banjir. Ini tanggung jawab kita,” tutur Zola.

Zola mengucapkan terimasih kepada perusahaan yang telah memberi bantuan. Namun melihat kondisi saat ini dia minta bantuan itu ditambah lagi, semata-mata untuk masyarakat. (infojambi.com/d)

Laporan : Mustar

 

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.