Zola Terima Penghargaan SINDO Government Award 2017

Gubernur Jambi terima penghargaan dari Sindo || foto : kamarulzaman

JAKARTA — Gubernur Jambi, Zumi Zola, kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini Zola meraih Sindo Government Award 2017 di bidang jaminan sosial kesehatan.

Penganugerahan SINDO Weekly Government Award 2017, berlangsung di Flores Room, Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (3/4) malam.

Penghargaan diserahkan oleh CEO MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo.

SINDO Weekly Government Award 2017 diberikan pada 22 bupati, 11 walikota, dan empat gubernur, yakni Gubernur Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur dan Maluku.

Gubernur Jambi meraih penghargaan bidang jaminan sosial kesehatan. Jawa Barat bidang pariwisata, Jawa Timur bidang investasi dan Maluku bidang toleransi dan keberagaman.

Selain itu juga diberikan penghargaan kepada 14 orang kepala daerah inspiratif.

Zola sangat mengapresiasi langkah SINDO dan MNC Group yang melakukan penilaian penyelenggaran pemerintahan. Dia berharap penghargaan ini menambah semangat kepala daerah dan jajaran bekerja lebih baik lagi dalam memberi pelayanan ke masyarakat.

“Saya mengucapkan terimakasih pada SINDO dan MNC Grup, Pak Hari Tanoe, yang memberikan penghargaan. Ini penambah semangat bagi para kepala daerah, termasuk saya, untuk bekerja lebih baik lagi demi masyarakat Jambi,” ujar Zola.

Menurut Zola, pemberian penghargaan ini terobosan bagus. Bukan hanya dari kementerian, tapi juga di luar pemerintahan. Di luar kementerian memberi apresiasi, berarti kerja kepala derah diperhatikan.

Zola mengatakan, pelayanan kesehatan menjadi salah satu prioritas program Pemprov Jambi. Pelayanan kesehatan terus menerus ditingkatkan.
“Alhamdulillah, kesehatan menjadi sesuatu yang kami fokuskan, untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat. Ini sering disampaikan Presiden, bahwa kita harus terus memberi pelayanan prima. Masyarakat sangat membutuhkan itu,” jelas Zola.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo menyatakan, sesuai dengan Nawa Cita Presiden Republik Indonesia, Jokowi, yakni membangun dari desa, membangun dari daerah dan membangun dari pinggiran, maka pembangunan di daerah terus diakselerasi.

“Peran, kreativitas serta inovasi kepala daerah sangat dibutuhkan,” ujar Eko.

Eko mengatakan, Dana Desa merupakan salah satu upaya percepatan pembangunan desa dan pembangunan daerah. Para kepala daerah diminta mengalokasikan Dana Desa untuk pembangunan embung desa, guna membantu pengairan pertanian, sebagai salah satu faktor menentukan keberhasilan panen.

Dirjen Otonomi Daerah, Soni Sumarsono, mengapresiasi SINDO yang memberi penghargaan pada para kepala daerah berprestasi. Dalam otonomi daerah, terjadi pergerseran, dari pembangunan daerah menjadi daerah membangun, dari membangun masyarakat menjadi masyarakat membangun. Untuk mewujudkan itu, peran kepala daerah sangat penting.

Soni menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada kepala daerah yang bekerja keras. Penghargaan diberikan sebagai bukti bahwa kerja keras tidak sia-sia, tapi menghasilkan karya.

“Teruslah berjuang. Sesungguhnya rakyat menantikan perjuangan pemimpinnya.
Penganugerahan ini sesuatu kekuatan baru bagi pemerintah daerah untuk berinovasi,” ujar Soni.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudi Antara mengemukakan, suatu hal yang membanggakan dari acara tersebut, adalah lebih dari setengah kepala daerah penerima penghargaan dari daerah luar Jawa. Ini membuktikan Indonesia sentris, bukan Jawa Sentris, membangaun dari pinggiran.

“Program pembangunan tidak lagi top down, tapi bottom up,” kata Rudi.

CEO MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, berharap pembangunan dari daerah terus ditingkatkan untuk mengurangi kesenjangan. Dia ingin pemberian penghargaan ini memicu daerah-daerah lain meningkatkan karya dan kinerja.

Pemimpin Redaksi majalah SINDO Weekly, Nevy A Hetharia menyatakan, untuk mengapresiasi inovasi dari para kepala daerah, majalah SINDO Weekly menggelar agenda tahunan bertajuk Government Award. Tahun 2017 merupakan keempat.

Tahun ini Sindo Weekly memberi penghargaan pada kepala derah berprestasi, tingkat kota, kabupaten maupun provinsi, dalam beberapa kategori, mulai dari pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi kreatif, peduli lingkungan, investasi, layanan publik, pariwisata, e-Government dan lain-lain.

Penilaian terhadap kepala daerah berprestasi dan inspiratif dilakukan oleh Tim Redaksi SINDO Weekly bersama beberapa pihak. Metode penilaian diawali dengan riset dari berbagai referensi, kemudian tim redaksi menentukan tiga nominator pemenang untuk masing-masing kategori.

Selanjutnya tim melakukan observasi ke sejumlah daerah nominator pemenang, meliputi wawancara, tatap muka dengan akademisi, masyarakat dan kepala daerah. Hasil observasi didiskusikan bersama Ketua Tim Juri sebagai rujukan menentukan pemenang. (infojambi.com/d)

Laporan : Mustar Hutapea

 

Kategori Provinsi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.