Zola Terima Piagam Predikat WTP

INFOJAMBI.COM — Gubernur Jambi, H Zumi Zola, menerima piagam atas keberhasilan Pemerintah Provinsi Jambi menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan 2016 dengan capaian standar tertinggi, yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dari Kementerian Keuangan melalui Kanwil Ditjen Perbendaharaan.

Piagam diserahkan kepada Gubernur Jambi langsung oleh Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi, Tiarta Sibayang, Rabu (18/10/2017), di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi.

Gubernur menyampaikan bahwa prestasi ini menunjukkan komitmen Pemerintah Provinsi Jambi dalam mempertanggungjawabkan laporan pengelolaan keuangan yang akuntabel.

Pemprov Jambi lima kali berturut-turut menerima penghargaan. Ini juga upaya dari pemerintahan sebelumnya. Zola sangat mengapresiasi yang telah diraih ini.

“Penghargaan bukan suatu yang utama, tapi bagaimana kita mempertanggungjawabkan laporan keuangan secara transparan dan akuntabel. Ini bentuk komitmen terhadap masyarakat untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan baik,” ujar Zola.

Gubernur mengatakan, pemkab/pemkot yang menerima laporan keuangan tahun 2016 WTP sudah meningkat. “Saya memberikan apresiasi kepada pemkot, pemkab dan ini merupakan bimbingan dari BPK RI. Prestasi ini harus memacu kita untuk mengelola keuangan lebih baik dan akuntabel. Predikat ini harus kita pertahankan di tahun berikutnya,” ungkap Gubernur.

Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi, Tiarta Sibayang menyatakan bahwa opini yang diberikan adalah yang tertinggi. Provinsi Jambi telah mendapat WTP sebanyak lima kali. Capaian ini merupakan prestasi membanggakan. Indikatornya laporan keuagan yang sehat sesuai praktek pengelolaan keuangan, tapi juga harus didorong dengan kepatuhan terhadap perundang-undangan.

“Kehadilan kami sebagai wujud apresiasi atas pencapaian yang sudah diraih oleh Pemerintah Provinsi Jambi, selain memberikan dana insentif Pemerintah Pusat yang diwakili oleh Menteri Keuangan, juga memberikan penghargaan kepada seluruh pemerintah daerah di Indonesia yang meraih opini laporan keuangan Tajar Tanpa Pengecualian,” ujar Tiarta.

Tiarta mengharapkan Pemprov Jambi dapat tetap konsisten dan terus berusaha mempertahankan opini tersebut. Dia mengapresiasi kerja keras pemerintah dan seluruh jajaran, dan terus mempertahankan komitmen dengan saling mendukung dan bersinergi.

“Dengan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel serta mempertahankan kualitas tersebut akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Tiarta. (Maria — Humasprov)

 

Kategori Provinsi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.