Sabtu, 21 Oktober 2017 | 02:33

Zola Tinjau Jalan Provinsi dan Nasional

INFOJAMBI.COM — Gubernur Jambi, H Zumi Zola, meninjau proyek pembangunan jalan provinsi dan nasional, di Kabupaten Tanjabtim, Rabu (30/8). Zola didampingi Bupati Tanjabtim, H Romi Hariyanto.

Zola memaparkan, ruas jalan provinsi sudah mulai dikerjakan, dari Simpang Lagan sampai Simpang Pelabi sepanjang 2,5 kilometer. Proyek ini dibiayai APBD Provinsi Jambi sekitar Rp.10 miliar.

Untuk jalan Simpang Lagan – Simpang Pelabi, pengerjaannya dimulai Juni lalu, ditargetkan selesai akhir 2017. “Ini sama-sama kita lihat, sudah dalam proses pengerasan, tinggal diaspal,” kata Zola di lokasi.

Zola juga sudah membicarakan dengan Bupati Tanjabtim, titik-titik jalan yang perlu diprioritaskan. Bukan hanya jalan Simpang Lagan – Simpang Pelabi, tapi banyak jalan lainnya yang akan diperbaiki.

Pantauan infojambi.com, Zola tidak hanya meninjau jalan provinsi, tapi juga meninjau ruas jalan nasional dari Jambi menuju Pelabuhan Muara Sabak.

Zola menjelaskan, untuk jalan nasional ini dibagi menjadi beberapa spot. Total panjangnya 11 kilometer. Pembangunan jalan rigid beton ini menghabiskan dana Rp.152 miliar, bersumber dari APBN.

“Sumber dana jalan nasional ini dari APBN, sesuai pembicaraan dengan Kementerian PUPR,” kata Zola.

Zola mengungkapkan, besarnya serapan dana APBD dan APBN untuk ruas jalan ini, karena pembangunan jalan di Tanjabtim tidak cukup dengan aspal saja.

“Harus dilapisi rigid beton sepanjang jalan, mengingat daerah Tanjabtim merupakan lahan gambut dan banyak resapan air,” kata Zola.

Zola menghimbau, setelah selesai pembangunan jalan nasional dan jalan provinsi di Muara Sabak ini, sama-sama dijaga dan dipelihara, apalagi ruas jalan ini merupakan akses vital keluar masuk kendaraan demi kelancaran perekonomian. (Yudi Pramono – Jambi)

 

Kategori Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.