Zulfikar Achmad : Nilai-Nilai Kebangsaan Mulai Terkikis

H Zulfikar Achmad (dua dari klanan).

INFOJAMBI.COM – Sosialisasi empat pilar kebangsaan merupakan salah satu tanggung jawab anggota MPR RI. Sosialisasi itu memberikan pemahaman nilai-nilai luhur bangsa dan Ketetapan MPR kepada masyarakat.

“Setiap anggota MPR RI, diwajibkan turun ke daerah pemilihannya masing-masing, untuk melakukan sosialisasi Empat Pilar ke masyarakat, lantaran nilai kebangsaan di tengah masyarakat dirasa telah mulai terkikis,” kata anggota MPR RI, Zulfikar Achmad, saat melakukan sosialiaasi empat pilar di Desa Leban, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo Jambi, Jum’at (22/9) lalu.

Atas kondisi itu, Zulfikar berpendapat, melihat perlu kembali menanamkan empat pilar ini, karena secara nasional rasa dan nilai kebangsaan ini telah terkikis. Lewat sosialisasi empat pilar kebangsaan, diharapkan dapat menjadi penguatan bersama, agar dapat dipahami dan diaktualisikan oleh seluruh elemen masyarakat.

“Apa yang dicita-citakan pendiri bangsa sudah memudar dan semakin jauh. Mulai terjadi pergesekan, antara suku-suku bangsa yang kita ini adalah Bhinneka tunggal Ika,” ujarnya.


Dihadiri sekitar 150 orang masyarakat Desa Leban, Zulfikar, mengatakan, sosialisasi empat pilar kebangsaan ini merupakan hal penting yang perlu dipahami seluruh masyarakat Indonesia dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di tengah keberagaman suku, ras dan agama.

Ditambahkannya, dengan menghayati nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, hal ini penting di tengah-tengah sebagian orang yang sudah mulai melupakan nilai-nilai tersebut.

“Pancasila dapat menjadi filter, untuk menahan laju informasi yang menyesatkan, serta yang dapat memecahbelah persatuan dan kesatuan,” ujarnya.

Legislator dari Fraksi Partai Demokrat itu, juga berharap adanya sosialisasi empat pilar, dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat Jambi, terhadap nilai-nilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, agar diimplemantasikan dalam kehidupan sehari-hari. ( Bambang Subagio – Jakarta )

Kategori Pendidikan

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.