Zumi Zola dan Petugas KPK Lakukan Pertemuan Tertutup

Zumi Zola

KOTAJAMBI — Pertemuan tertutup tiga petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Jambi, di rumah dinas gubernur, Senin (10/7), ternyata atas permintaan langsung Gubernur Jambi, H Zumi Zola.

Dalam kunjungan itu, dibahas tentang pembenahan tata kelola pemerintah daerah. Gubernur Jambi, Zumi Zola, didampingi Plt Sekda Provinsi Jambi, Erwan Malik, dan Kepala Inspektorat Khailani.

Zola mengatakan, KPK direncanakan memberikan arahan kepada jajaran Pemprov Jambi, selanjutnya dengan kabupaten/kota se-Provinsi Jambi, seluruh sekda, inspektorat dan pihak pengelola keuangan.

“KPK keliling di setiap provinsi. Ini sangat penting,” kata Zola seusai rapat tertutup dengan petugas KPK.

Zola menyatakan sangat mendukung KPK mendatangi Provinsi Jambi. Kedatangan KPK juga direncanakan melaksanakan penandatanganan MoU untuk memperbaiki sistem administrasi.

“Tadi saya diskusikan, permasalahan korupsi bukan niatnya, tapi karena ketidaktahuan prosedur atau lainnya,” ungkap Zola.

Selain itu, Zola juga menyampaikan masalah yang ada di Jambi, seperti Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang marak. Menurut Zola, PETI jelas merugikan negara.

Zola juga minta pendapat pada KPK, apakah yang dilakukan Pemprov Jambi selama ini sudah sesuai peraturan.

Usai pertemuan, Kasatgas KPK, Adlinsyah M Nasution, mengatakan, program penting untuk mencegah korupsi, dengan melakukan pembenahan dan perbaikan tata kelola Pemprov Jambi. Salah satunya difokuskan pada peningkatan peran serta partisipasi publik.

Selain itu juga harus difokuskan pada peningkatan manajemen SDM dan pendidikan rakyat, pelayanan perizinan yang transparan serta jelas.

Dalam program pemberantasan korupsi terintegrasi di Jambi juga harus fokus dengan optimalisasi dan sustainabilitas pendapatan daerah, serta peningkatan kapasitas inspektorat (APIP).

Adlinsyah menjelaskan, kontrol yang baik dari instansi terkait menjadi salah satu langkah yang harus diambil dalam perencanaan program kegiatan bagi masyarakat.

“Kami kesini tidak ada maksud apa-apa, nanti curiga pula. KPK datang ke Jambi, pasti ada temuan. Tidak seperti itu,” kata Adlinsyah.

Direncanakan, KPK akan bertemu seluruh Sekda kabupaten/kota se-Provinsi Jambi. “Kami minta izin pada Pak Gubernur besok keliling, termasuk Kota Jambi,” ujar Adlinsyah.

Pada pertemuan dengan para sekda, KPK akan menyampaikan beberapa program korsub. Selain itu, direncanakan akan membangun sistem, seperti sistem perencanaan dan penganggaran. (infojambi.com)

Laporan : Yudi Pramono

 

Kategori Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.